Contoh Tinjauan Hasil Penelitian yang Relevan

(Oleh: SITI APIYA_ 59451048)

           Untuk menghindari duplikasi, peneliti melakukan penelusuran terhadap penelitian-penelitian terdahulu. Dari hasil penelusuran penelitian terdahulu, diperoleh beberapa masalah yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti, yaitu:

  1. Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Padalarang. Penelitian ini dilakukan oleh Iis Holidah, Mahasiswi Jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam Fakultas FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2011. Hasil penelitiannya adalah kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Padalarang sudah tinggi.[1]Keterbukaan guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Padalarang menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru dalam sikap terbuka sudah kompeten dengan nilai rata-rata 4,06 yang termasuk pada kualifikasi sangat tinggi.[2]
  2. Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Bidang Studi PAI di SMP Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini dilakukan oleh Irma Rismawati Hakim, Mahasiswi Jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam Fakultas FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2012. Hasil penelitian berupa gambaran kompetensi kepribadian guru dengan pencapaian nilai rata-rata 3,5 yang termasuk pada kategori tinggi. Artinya gambaran kompetensi kepribadian guru PAI di SMP Pasundan 3 Bandung memiliki tingkat kepribadian yang baik. Kemudian gambaran motivasi belajar siswa SMP Pasundan 3 Bandung berada pada tingkatan motivasi yang rendah, sebagaimana diperoleh hasil pengolahan data 49,2% siswa berada pada kategori motivasi rendah. Gambaran kompetensi kepribadian dan motivasi belajar tersebut kemudian dikorelasikan dengan menggunakan analisis korelasi pearson dengan bantuan SPSS ver.18 dan diperoleh hasil besarnya korelasi 0,2 % berarti sisanya 99,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Dengan kata lain tidak terdapat pengaruh antara kompetensi kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa.[3]
  3. Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa. Penelitian ini dilakukan oleh Indah Nia Pujiati, Mahasiswi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas FIP Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2010 pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) sebagian besar siswa mencapai tingkat efikasi diri tinggi (53,85%), sangat tinggi (25,64%), sedang (14,10%) dan rendah (6,41%); b) pada variabel kemandirian belajar, secara umum siswa berada pada kategori tinggi (41,03%), sangat tinggi (29,49%), sedang (20,51%) dan rendah (8,97%); c) efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa memiliki derajat hubungan yang sedang(0,559), dengan koefisien korelasi yang bernilai positif, artinya efikasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa.[4]
  4. Program Pelatihan untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini dilakukan oleh Siti Nur Aisah, Mahasiswi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas FIP Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2010 pada Siswa Kelas XI SMK N 2 Sumedang Tahun Ajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya keragaman tingkat pencapaian kemandirian belajar siswa; 2) secara umum pencapaian kemandirian belajar siswa tersebar dalam lima kategori yaitu sangat tinggi sebesar 9,09%, tinggi sebesar 12,12%, sedang sebesar 51,51%, rendah sebesar 18,18% dan sangat rendah sebesar 9,09%; dan 3) terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa setelah dilaksanakan program pelatihan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMK.[5]
  5. Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Recriprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Siswa. Penelitian ini dilakukan oleh Kurnia Putri S. Dirgantoro, Mahasiswi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2010 pada Siswa Kelas VII SMPN 4 Cimahi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa melalui pendekatan reciprocal teaching, kemandirian belajar mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII sebesar 19,45%.[6]

             Dari kelima hasil penelitian terdahulu seperti pemaparan di atas, terdapat kesamaan dengan penelitian yang akan dilakukan oleh penulis, yaitu kompetensi kepribadian guru dan kemandirian belajar siswa. Akan tetapi dari kelima penelitian tersebut tidak ada yang benar-benar sama dengan masalah yang akan diteliti.

           Untuk hasil penelitian yang pertama dan kedua, persamaannya terletak pada kompetensi kepribadian guru. Penelitian yang dilakukan oleh Iis Holidah adalah hanya ingin mengetahui seberapa besar kompetensi kepribadian guru pada sekolah menengah atas di Padalarang. Untuk penelitian yang dilakukan oleh Irma Rismawati Hakim, hampir sama variabel X nya yaitu membahas kompetensi kepribadian guru tetapi pada variabel Y nya berbeda, yaitu tentang motivasi belajar siswa. Hal ini merupakan titik perbedaannya karena pada penelitian ini akan diteliti pengaruh kompetensi guru terhadap kemandirian belajar. Sedangkan hasil penelitian yang ketiga sampai kelima, letak persamaannya berada di variabel Y nya yaitu kemandirian belajar siswa. Untuk variabel X nya berbeda karena variabel X yang diteliti dalam penelitian ini adalah kompetensi kepribadian guru.

           Dari pemaparan di atas telah jelas mengenai perbedaan dan persamaan antara penelitian yang akan dilakukan dengan hasil penelitian-penelitian yang sudah dilakukan. Oleh karena itu penelitian yang berjudul “Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kepribadian Guru dan Pengaruhnya terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah” dapat dilakukan karena masalah yang akan diteliti bukan duplikasi dari penelitian–penelitian yang sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s